Salam BUMI, Pasti LESTARI

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?
(Asy Syu'araa' :7)

Kamis, 12 Oktober 2017

Tips Menghadapi Pekerjaan Baru

Hello Guys, ketika berada di dunia kerja sering kali kita berhadapan dengan berbagai hal, salah satunya adalah diberikan penugasan baru yang bisa jadi jauh dari pengalaman atau kemampuan yang kita miliki. Terus bagaimana dong? Apa kita tolak ya?

Eits, jangan cepat-cepat menolak, anggap ini sebagai sebuah tantangan, pasti ditempatkannya kita pada tugas tersebut sudah ada pertimbangannya. So, take it ! Sampaikan saja kalau kita akan coba pejalari dan lakukan semaksimal mungkin. Tentunya ini akan menjadi kredit penilaian tersendiri bagi kita cukup kooperatif dan loyal.


Nah, lantas bagaimana selanjutnya? Apa yang musti kita lakukan?

Pertama, bersikaplah adaptif dan open mind.  Sesegara mungkin kita memposisikan diri untuk siap berubah dengan kondisi yang baru, segera mungkin move on. Kecepatan kita untuk menyesuaikan diri dengan tugas baru sangatlah penting, melihat apa saja yang dibutuhkan dalam tugas baru tersebut, bagaimana melaksanakannya, mengevaluasi dan perbaikannya. Posisikan diri sebagai orang yang sangat open mind, artinya membuka pikiran seluas-luasnya terhadap semua hal baru tersebut. Jangan membentengi diri  dengan pikiran bahwa kita adalah orang yang terbaik, karena titik ini kita baru memulai hal baru yang membutuhkan banyak input dari berbagai sisi.

Kedua, quick learning.  Selepas mendapatkan tugas baru tersebut, segeralah menyiapkan diri untuk menjadi pembelajar yang cepat. Melihat dalam diri kita apa kekuatan dan kelemahan kita dalam kaitannya dengan tugas baru tersebut. Gunakanlah kekuatan kita untuk mencari tahu dengan cepat, apa kekurangan kita saat menjalankan tugas baru tersebut. Arahkan kekuatan yang kita miliki untuk secara total belajar dengan cepat dan menemukan pola kerja di tugas yang baru, termasuk bagaimana kita berinteraksi dengan orang dan lingkungan yang baru.

Ketiga, jangan malu belajar dari orang-orang sebelumnya. Disinilah pentingnya komunikasi dimana kita harus mampu menggali lebih dalam bagaimana orang-orang sebelum kita menjalankan tugas tersebut. Kita akan belajar bagaimana kesuksesan dan kegagalan dari apa yang mereka lakukan. Ambilah itu sebagai pelajaran berharga agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama, dan bisa memberikan hasil yang lebih baik. Jangan pernah malu bertanya, karena bertanya tidak menunjukan bahwa kita tidak berkualitas, tapi justu bukti bahwa kita sangat antusias dengan pekerjaan kita.

Keempat, tunjukan kita sedang berproses. Pihak yang memberikan tugas baru kepada kita tentunya mempunyai harapan besar akan kesuksesan. Jalan yang paling tepat adalah menunjukan bahwa kita sedang berproses. Sampaikan secara terbuka sejauh mana kita melaksanakan tugas tersebut, apa kendala yang dihadapi dan dukungan seperti apa yang kita butuhkan. Beranilah untuk menunjukan hasil, yang bisa jadi belum tepat secara keseluruhan. Ini adalah bagian dari kita berproses, sehingga pihak lain juga mengetahui sejauh mana hasil dari kita berproses. Harapannya akan tercipta pola komunikasi yang baik dan kita akan dilihat sebagai orang yang tepat dalam tugas baru tersebut.

Kelima, jangan cepat puas. Hati-hati kalau pihak yang memberikan tugas baru dan orang-orang di sekitar kita memuji hasil pekerjaan kita. Anggaplah itu bagian dari penghargaan atas kerja keras kita, tetapi jangan berhenti dan cepat puas dengan kondisi tersebut. Tetaplah menjadi diri yang haus untuk mencari ilmu-ilmu baru guna mengembangkan kemampuan serta performance kita. Sebaik mungkin berusaha untuk memberikan lebih dari yang diharapkan.

Lantas, apakah ada contohnya penerapannya. Yup, aku sendiri pernah mengalaminya. Mendapatkan tugas baru untuk melakukan kajian baik spasial maupun non spasial terhadap perusahaan-perusahaan sawit di Indonesia. Berkaitan dengan kajian spasial, secara jujur aku akui sangat lemah karena sebelumnya tidak pernah mempelajarinya. Bagaimana kita bermain dengan berbagai tools GIS dan sejenisnya. Sebagai awalan tentunya dimulai dari Nol besar, tapi kemudian dengan menerapkan kelima tips di atas pada akhirnya kita bisa memberikan kontribusi dan hasil yang menjanjikan.


So, itulah beberapa hal yang semoga bisa menjadi referensi bagi sobat semua. Salam persahabatan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar